Erick Thohir Beberkan Alasan Penunjukan Alexandra Jadi Wadirut Mandiri

jagatBisnis.com – Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan akan terus memberikan kesempatan untuk memperbesar komposisi pimpinan wanita di perusahaan BUMN sebagai wujud inovasi dan transformasi. Hal itu diungkapkannya terkait penunjukan Alexandra W Askandar sebagai Wakil Direktur Utama di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dalam RUPSLB, Rabu (21/10/2020).

“Penunjukan Alexandra W Askandar sebagai Wakil Direktur Utama di Bank Mandiri merupakan bagian dari usaha kami untuk terus meningkatkan persentase perempuan, hingga 15 persen pada jajaran pimpinan senior di BUMN,” ujar Erick Thohir dalam keterangan resminya.

Erick Thohir juga menyampaikan Kementerian BUMN sebelumnya juga telah menunjuk sosok perempuan menjadi direksi BUMN yakni Adi Sulityowati sebagai Wakil Direktur Utama BNI.

Baca Juga :   Satgas: Jangan Lengah Protokol Kesehatan, Virus Corona Tak Kenal Lelah

Sebelumnya diberitakan, Alexandra W Askandar menggantikan Hery Gunadi yang menjabat Wakil Direktur Utama Bank Mandiri sebelumnya.

Alexandra perempuan kelahiran 1972 lulusan Universitas Indonesia dan Boston University, Amerika Serikat itu pada 2015 menjabat Group Head Corporate Banking di Bank Mandiri. Kemudian pada 2016, Alexandra menjabat Senior Executive Vice President pada perusahaan yang sama.

Baca Juga :   Menteri BUMN Erick Thohir Sebut Jadi Orang Kaya Makin Mudah Berkat Digitalisasi

Selain meningkatkan persentase perempuan, Erick Thohir juga menyampaikan pihaknya juga melakukan sistem rotasi.

Terkait hal itu Erick Thohir menunjuk Sigit Prastowo menjadi Direktur Keuangan Bank Mandiri. Sebelumnya Sigit menjabat Direktur Keuangan di PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.

“Kami juga memberi kesempatan kepadanya yang selama ini meniti karir di BNI untuk berkiprah jadi direksi di Bank Mandiri sebagai bagian dari tour of duty. Saya berharap seluruh BUMN melakukan pengembangan sumber daya manusianya sehingga semakin banyak lagi perusahaan BUMN menjadi center of excellence,” tuturnya.

Baca Juga :   Malam Tahun Baru, Kerumunan Terjadi di Nol Kilometer Yogyakarta

Ia menambahkan dalam meneruskan langkah transformasi dan inovasi di perusahaan-perusahaan negara, Kementerian BUMN terus menerapkan pengelolaan SDM yang dibutuhkan perusahaan.

Dengan menerapkan standarisasi pengembangan bakat, melakukan sistem rotasi, dan program penugasan untuk mid-level management antar BUMN, lanjut dia, diharapkan akan muncul talenta-talenta terbaik untuk memajukan kinerja dan performa perusahaan.(ser)

MIXADVERT JASAPRO